Punya banyak akun sosial media? Begini cara mengelolanya

Trafik. Salah satu aspek yang sangat penting dalam bisnis. Karena tanpa adanya hal tersebut, bisnis tidak bisa berlangsung. Bisnis apapun itu, entah offline maupun online. Namun saya akan membahas jenis bisnis yang sedang naik-naiknya, yaitu bisnis online.

Peranan trafik dalam bisnis online dapat didatangkan dari berbagai sumber. Bisa dari mesin pencari seperti Google (trafik organik), trafik berbayar melalui iklan atau dari sosial media. Namun dalam post kali ini, mari kita kerucutkan lagi pembahasannya, yakni trafik dari sosial media.

Sama seperti jenis trafik lainnya, pengunjung atau trafik yang datang dari sosial media tentu ada kekurangan dan kelebihannya juga. Tapi sekarang, saya hanya akan bahas hal-hal yang asik aja dulu, yaitu kelebihan trafik dari sosial media.

Ilustrasi sosial media

Tidak seperti SEO (Search Engine Optimization) yang butuh waktu relatif lama, biasanya 1-6 bulan baru bisa terlihat hasilnya, sedangkan kelebihan sosial media itu hasilnya hampir bisa disebut instan, artinya dalam waktu hari itu juga sudah bisa panen pengunjung.

Lalu pembahasan mengerucut lagi ke jenis sosial medianya. Pinterest! Ya, akhir-akhir ini saya sedang mencoba mengoptimasi dan memanfaatkan sosial media ini untuk mendulang trafik. Khususnya trafik dari negara-negara premium seperti USA, Europa atau Australia.

SEO tidak sepenuhnya saya tinggalkan. Solusinya, untuk mendapatkan hasil secepat mungkin sambil menunggu trafik dari SEO, adalah dengan memaksimalkan fungsi sosial media. Dan izinkan saya memperkenalkan salah satu tool keren untuk dapat memanfaatkan trafik dari Pinterest, namanya Viraltag.

Kenapa Pinterest dan kenapa Viraltag?

Faktanya Pinterest adalah salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di US. Sejak September 2017, sosial media yang satu ini memiliki 250 juta pengguna aktif. Tentu angka tersebut sangatlah besar. Masa’ sih kita gak bisa dapat trafik dari situ? Hehe.

Saya dulu berpikir bahwa Pinterest itu sosial media yang ngga terlalu penting. Tapi setelah melihat data pengguna aktifnya, mindset saya langsung berubah. Saya sudah mulai terbuka dengan sosial media yang satu ini.

Seperti layaknya sosial media lainnya, untuk bisa mendatangkan trafik dari Pinterest, tentu harus memiliki followers (pengikut) dan juga board (papan) yang menarik di akun kita. Dan untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Viraltag merupakan tool yang pas banget.

Viraltag dapat mempermudah kita dalam mengelola banyak akun Pinterest. Apalagi aplikasi ini berbasis web. Tidak hanya untuk mengelola akun Pinterest saja, Viraltag juga bisa akun sosial media lain, lho. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Viraltag dapat membantu kita

  • Menjadwal posting sosial media
  • Posting sosial media
  • Membantu meningkatkan follower
  • Mengarahkan trafik
  • Dll

Pokoknya enak banget deh.

Guru saya bilang,

Coba deh konsisten mengoptimalkan Pinterest dengan bantuan Viraltag ini, InsyaAllah itu merupakan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan follower dan pengunjung yang lumayan.

Fitur serta tampilan dashboard Viraltag

Jika kamu masih penasaran, berikut ini merupakan sekilas tampilan dashboard aplikasi Viraltag. Saya bahas beberapa fitur paling menarik dari aplikasi ini yang sering saya pakai.

Mudahnya cari konten populer

Tampilan “Explore” di dashboard Viraltag

Dalam menu tersebut, kita dapat dengan mudah menemukan konten yang populer dan viral, lalu bisa langsung kita jadwal dan posting ke akun Pinterest kita. Cari konten tanpa keluar dari aplikasi Viraltag, enak banget kan?

Extensions dan Bookmark bar

Tab “Extensions” di dashboard Viraltag

Jika sedang asyik berselancar terus menemukan gambar yang menarik untuk di posting di Pinterest yang sesuai dengan niche yang kamu garap, bisa menggunakan extension ini. Jadi, kita tidak perlu upload manual ke Viraltag dashboard satu persatu.

Penjadwalan

Posting Schedule di dashboard Viraltag

Penjadwalan ini merupakan salah satu fitur utama sekaligus andalan dari tool Viraltag ini. Bisa dibilang, kalau tidak ada fitur ini, Viraltag menjadi tidak istimewa dan menjadi turun kastanya. #halah

Upload banyak sekaligus

Dengan Viraltag, kamu tidak perlu repot lagi ketika hendak mengunggah banyak koten sekaligus.

Upload konten dengan cara drag and drop

Cukup drag and drop saja kontennya ke dashboard, lalu tentukan kapan konten tersebut diposting.

Siap untuk diunggah dan diposting

Setelah itu, kamu tinggal tentukan kotennya mau diposting ke mana. Isi deskripsi yang sesuai. Tentukan penjadwalannya. Lalu, klik “Add all to Queue“.

Post Recycling

Kamu lagi sibuk dan belum ada waktu senggang untuk jadwal posting di sosial media? Tenang.. Di Viraltag, ada yang namanya fitur “Post Recycling“. Jadi, fitur ini memungkinkan kamu untuk posting ulang konten yang sudah di publish sebelumnya.

Enaknya lagi. Di Viraltag, kita bisa posting ulang konten yang memiliki engagement bagus. Lalu, kita tinggal jadwalkan konten tersebut pada antrian posting berikutnya.

Fitur “Evergreen” pada Viraltag

Cara melihat koten yang bagus interaksinya, kamu bisa langsung lihat di dashboard Viraltag di bagian Analytics. Jika sudah menemukan konten yang bagus, maka kamu tinggal tambahkan konten tersebut ke bagian penjadwalan berikutnya.

Frekuensi pengulangan posting

Viraltag juga menyediakan fungsi atau fitur untuk mengatur pengulangan frekuensi posting. Jadi, konten yang sudah bagus kita bisa jadwalkan ulang pada waktu dan frekuensi pengulangan sesuai dengan keinginan kita.

Bisa gratis, tapi dengan syarat *

Tidak bisa dipungkiri, semua orang suka yang gratisan. Termasuk saya juga. Nah, ada 2 jenis akses gratis yang diberikan Viraltag. Pertama, kamu bisa mencobanya selama 14 hari (gratis tanpa syarat), dan kedua gratis 6 bulan. Tapi yang ini ada syaratnya.

Syaratnya apa?

Kamu harus menulis sebuah review jujur tentang layanan Viraltag seperti yang saya lakukan sekarang ini. Dan setelah itu, beritahukan pihak Viraltag url postingnya. Lalu, mereka akan lihat postingan kamu, jika sudah sesuai maka akan mendapatkan hak akses gratis selama 6 bulan. Untuk infonya, kamu bisa cek di sini.

Demikian, mudah-mudahan dapat bermanfaat ya.