Sejarah sepak bola singkat dan lengkap

Kamu sering main sepak bola namun tak tahu dengan sejarahnya? Belajar sejarah sepak bola dulu yuk.

Sepak bola memang merupakan salah satu cabang olahraga yang paling terkenal dan sering dimainkan di seluruh penjuru dunia.

Oleh karena itu, jangan heran jika segala hal tentang sepak bola juga selalu saja menjadi bahan perbincangan, mulai dari pemain paling bersinar dan mahal, transfer pemain, klub-klub besar, gol-gol indah, bahkan hingga sejarah sepak bola itu sendiri.

Kamu tentu sudah tahu benar, bahwa tujuan utama dalam bermain bola ialah untuk bisa mencetak gol pada gawang lawan sebanyak-banyaknya. Meskipun tentu saja untuk bisa mencetak gol tersebut ada banyak sekali hal yang harus dilewati, dan skill yang harus sudah dipelajari.

Pengertian sepak bola sendiri bisa dikatakan cukup banyak, ada beberapa pakar yang memberikan masing-masing pengertian menurutnya. Namun rasanya pengertian tersebut kalah seru dengan pertandingan sepak bola itu sendiri.

sejarah sepak bola gambar wasit

Via Pixabay.com

Dalam pertandingan sepak bola, ada satu orang wasit dan dua orang hakim garis yang akan menjadi penentu dalam pertandingan tersebut. Adanya wasit ini tentu saja juga memiliki alasan dan sejarah sepak bolanya tersendiri.

Mengingat bagaimana besarnya industri sepak bola dunia saat ini, memang rasanya tidak mungkin jika cabang olahraga ini tidak memiliki sejarah yang besar pula.

Bagaimana permainan yang berisi dua tim di mana masing-masing tim memiliki jumlah pemain 11 orang ketika sedang bertanding ini selalu saja berhasil menjadi tontonan yang menarik.

Sejarah sepak bola kuno

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa sejarah sepak bola awalnya di mulai dari Tiongkok, mengingat bahwa liga dan pertandingan terbesar saat ini berada di Eropa sana.

Namun benar, bahwa sejarah sepak bola diawali dari tanah Tiongkok, tepatnya pada abad kedua dan ketiga sebelum Masehi. Cukup tua bukan?

Gambar ilustrasi sejarah sepak bola

Pixabay.com

Pada saat itu masih berada pada masa Dinasti Han, di mana warga Tiongkok memulai memainkan permainan ini dengan cara menggiring bola.

Pada masa itu, bola yang digunakan terbuat dari kulit, di mana bola yang digiring menggunakan kaki dengan cara menendangnya dan dibawa kejaring kecil, yang saat ini dikenal dengan istilah mencetak gol.

Tidak banyak yang tahu pula bahwa permainan tersebut juga mulai dimainkan di Jepang dalam waktu yang tidak terlalu berbeda jauh. Di Jepang, permainan ini sendiri dikenal dengan nama Kemari.

Tidak hanya Jepang, negara Italia juga ternyata sudah melakukan permainan menggiring bola ini. Sejarah sepak bola di Italia ini mulai sering dilakukan ketika sudah masuk ke abad 16.

Sejarah sepak bola mengalami peningkatan popularitas yang cukup drastis ketika permainan ini sudah mulai dikenal Inggris. Di negara inilah mulai digelar kompetisi-kompetisi sepak bola, sehingga semakin banyak lagi orang yang mengenal permainan sepak bola, dan mulai tertarik untuk bisa memainkannya.

Awal sejarah sepak bola modern

Gambar sejarah sepak bola

Pixabay.com

Meskipun begitu, bukan berarti sejarah sepak bola selalu berjalan mulus dan menghibur, tidak jarang pertandingan atau kompetisi sepak bola di Inggris berakhir dengan kericuhan. Karena hal inilah pada akhirnya Raja Edward III memberikan larangan untuk bermain sepak bola pada tahun 1365.

Bahkan bukan hanya Raja Edward III yang beranggapan bahwa pelarangan ini menjadi keputusan yang baik, ternyata Raja James I dari Skotlandia juga beranggapan sama dan memberi dukungan penuh.

Nah, pada masa-masa inilah sejarah sepak bola dunia bisa dikatakan cukup kelam dan seperti mati pada saat itu.

Hingga pada tahun 1815 permainan sepak bola mulai hidup kembali. Hal ini ditandai dengan banyaknya orang-orang di lingkungan Universitas, baik yang mahasiswa atau kalangan umum mulai memainkan permainan sepak bola lagi.

Dua pemain sedang berebut bola - sejarah sepak bola

Pixabay.com

Ya, sejarah sepak bola bisa dikatakan mulai bangkit lagi di tahun ini.

Saat ini tentu kamu sudah akrab betul dengan istilah sepak bola modern. Awalnya, sepak bola modern mulai lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863.

Pembentukan aturan permainan sepak bola

Kala itu, ada puluhan  sekolah dan juga klub yang memutuskan duduk bersama untuk berunding dan berdiskusi, demi bisa mendapatkan rumusan atau aturan dalam permainan sepak bola, sehingga tidak akan ada lagi kericuhan yang pada akhirnya hanya akan merugikan banyak pihak.

Pada akhirnya, di tahun 1869 muncullah aturan mengenai permainan sepak bola. Salah satu aturan yang paling pertama muncul ialah dilarang untuk menyentuh bola dengan tangan ketika permainan masih berlangsung.

Dan tidak lama kemudian sejarah sepak bola semakin berkembang saja, karena permainan ini mulai dikenalkan untuk banyak kalangan dan profesi, seperti tentara, pelaut, pedagang dan lain sebagainya.

Membahas mengenai sejarah sepak bola tentu juga tidak bisa melupakan FIFA, sebuah Federasi tertinggi dalam sepak bola yang hingga kini masih ada dan memegang kontrol paling tinggi. FIFA sendiri terbentuk secara resmi pada tahun 1904.

Sejak adanya FIFA inilah, permainan sepak bola semakin tahu dan jelas kemana sebaiknya permainan sepak bola dibawa.

Sejarah sepak bola di Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia, tidak afdal rasanya jika kamu tidak mengetahui sejarah sepak bola di Indonesia.

Sejarah sepak bola di indonesia

Sejarah sepak bola di indonesia, foto via Pixabay.com @ sasint

Di Indonesia sendiri, sepak bola mulai berkembang pada tahun 1930. Hal ini ditandai dengan adanya PSSI alias Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, yang tepatnya didirikan pada 19 April 1930 dan diresmikan di Yogyakarta.

Namun sebelum tahun 1930 tentu sudah banyak masyarakat Indonesia yang memainkan permainan sepak bola, hanya saja masih belum ada badan atau federasi resmi yang mengatur permainan dan klub-klub yang ada di Indonesia.

Pimpinan pertama PSSI ialah Soeratin Sosrosoegondo. Sejak PSSI sudah resmi didirikan, tidak lama kemudian mulai muncul liga-liga atau kompetisi sepak bola.

Sehingga masyarakat Indonesia semakin merasa familiar dengan pertandingan menggocek bola ini, dan semakin banyak orang yang suka memainkannya. Mulai dari sini pula sejarah sepak bola di Indonesia semakin berkembang lebih pesat.

Setelah Soeratin tidak lagi menjabat sebagai ketua PSSI, persepakbolaan Indonesia bisa dikatakan miskin prestasi dan tidak menunjukkan kemajuan yang berarti.

Ilustrasi sejarah sepak bola di indonesia

Pixabay.com

Perkembangan sepak bola di Indonesia

Hingga pada tahun 1970-an ada beberapa pemain nasional Indonesia yang menunjukkan kebolehan dan prestasinya di kancah Internasional. Nama-nama pemain tersebut diantaranya Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, Latief Harris Tanoto dan Ramang.

Tidak lama setelah itu, sejarah sepak bola Indonesia mulai bangkit kembali. Sudah mulai ada beberapa kejuaraan yang cukup besar yang mulai digelar oleh PSSI.

Kompetisi tersebut diantaranya ialah Liga Super Indonesia, Divisi Satu, Divisi Utama, Divisi Dua bagi pemain non-amatir, hingga ada Divisi Tiga untuk pemain yang memang masih amatir.

Tak hanya itu saja, PSSI juga mulai membuat pengelompokan-pengelompokan bagi pemain nasionalnya, yakni dengan menggunakan umur sebagai standar pengelompokan tersebut.

Kala itu ada tiga kelompok utama, yakni U-15, U-20 dan U-23. Namun tentu saja sejarah sepak bola Indonesia terus berkembang, hingga kini kamu mengenal U-18, U-19 dan lain sebagainya.

Dari sejarah sepak bola dunia dan Indonesia tadi bisa disimpulkan rasanya bahwa industri sepak bola yang sangat besar pada saat ini pun pernah ada dalam masa-masa kelam bahkan hingga dilarang keberadaannya.

Sekali lagi, proses menjadi bagian yang sangat penting untuk setiap hasil yang bisa diambil, dalam segala hal. Termasuk dalam sejarah sepak bola ini.