Sejarah Internet: Beginilah awal mula internet ditemukan

SEJARAH INTERNET – Internet, sebuah kebutuhan sehari-hari yang rasanya semakin kesini lebih penting keberadaannya. Bahkan mungkin, sebagian orang menganggap internet adalah termasuk ke dalam kebutuhan pokok.

Ya, dengan internet kamu bisa merasa lebih dekat dengan siapa saja dan di mana saja, meski tak jarang membuat kamu terlihat lebih jauh dengan seseorang yang jelas-jelas ada di samping kamu.

Namun, ketika sedang asyik menggunakannya setiap hari, pernahkah terbesit di benak kamu bagaimana sejarah internet tersebut? Bagaimana awalnya internet ada dan bisa memudahkan hampir seluruh pekerjaan kamu selama ini?

Mungkin tak sebanyak orang yang menggunakannya setiap hari merasakan hal tersebut, namun sebaiknya kamu menjadi salah satu orang yang kenal dengan sejarah internet.

Pengertian internet

Pengertian internet

Pixabay.com @ geralt

Sebagai pengingat kembali, internet merupakan singkatan dari interconnection-networking.

Merupakan jaringan yang saling terhubung dan juga menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol untuk pertukaran paket, atau sering juga disebut dengan packet swithcing communication protocol.

Hal tersebut berguna untuk melayani milyaran pengguna yang ada saat ini. Termasuk kamu yang sekarang sedang menggunakan internet.

Sebuah penjelasan yang cukup rumit jika dibandingkan dengan mudahnya kamu menggunakan internet ini selama ini bukan?

Sejarah internet juga cukup panjang dan rumit, di mana ada banyak sekali perancangan dan uji coba yang harus dilakukan sehingga internet bisa membuat hidup kamu menjadi jauh lebih mudah seperti saat sekarang ini.

Awal mula sejarah internet

Awal mula sejarah internet menghubungkan komputer agar saling terhubung

Via Pixabay.com @ Martinelle

Sejarah internet sendiri dimulai sejak tahun 1962 tepatnya pada bulan Agustus.

Saat itu, penciptaan internet ditemukan oleh J.C.R Licklider untuk pertama kalinya. Ia merupakan seorang dari MIT Massachusetts Institute of Technology.

Awalnya, konsep yang dikemukakan ialah Intergalactic Network (konsep jaringan komputer).

Licklider mengemukakan ide tentang bagaimana jaringan global yang nantinya memungkinkan orang-orang bisa mengakses data dan juga program dari mana saja.

Hingga kemudian pada Oktober 1962 ia menjadi kepala dari Program Penelitian Komputer yang ada di ARPA. ARPA sendiri merupakan bagian dari Departemen Pertahanan yang dimiliki Amerika Serikat.

Proyek ARPANET

Sejarah internet awalnya dibentuk untuk keperluan militer

Pixabay.com @ methodshop

Proyek utama dari ARPANET ini ialah merancang sebuah jaringan juga kendala dan seberapa besar sebuah informasi dapat dipindahkan.

Hingga akhirnya semua standar yang tim tersebut tentukan menjadi kiblat utama dari pembangunan protokol yang baru. Di mana saat ini kamu mengenalnya dengan sebutan TCP/IP alias Transmission Control/Internet Protocol.

Tak berhenti di situ saja, sejarah internet terus berlanjut. Dan sejarah awal dari dibangunnya proyek tersebut sebenarnya ialah untuk keperluan militer.

Ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat sedang membangun sistem jaringan komputer tersebar dengan dihubungkan pada wilayah-wilayah yang penting.

Hal ini untuk mengatasi masalah-masalah yang bisa timbul seperti nuklir, juga untuk menghindari adanya informasi yang terpusat.

Dan sejarah internet terus berlanjut, hingga pada tahun 1966 seorang Larry Roberts melakukan pengembangan untuk konsep jaringan komputer.

Sejarah Internet semakin berkembang

Lalu, ia juga merencanakan jaringan yang akhirnya disebut dengan ARPANET dan dikenalkan pada publik di tahun 1967. Tidak lama kemudian, pada tahun 1969 ARPANET sudah bisa melibatkan 4 buah komputer yang sudah saling terkoneksi.

Sejarah internet beberapa komputer sudah saling terhubung satu sama lain

Pixabay.com @ bsdrouin

Kerja keras dari berbagai pihak pun semakin terlihat hasilnya. Hal ini dibuktikan dengan sudah adanya beberapa komputer yang saling terhubung di lokasi yang berbeda.

Yakni komputer pertama terletak di University of California Los Angeles, lalu komputer kedua di Standford Research Institute, komputer ketiga ada di University of California Barbara dan yang keempat ada di University Utah.

Salah satu sejarah internet yang tidak bisa dilupakan terjadi pada tahun 1971, di mana pada saat itu sudah terdapat 14 buah komputer yang terhubung dengan ARPANET. Di tahun yang sama pula FTP dan Telnet berhasil dibuat.

Lalu, pada tahun 1972 sejarah internet menjadi lebih nyata, di mana Bob Kahn dan Larry Roberts mengenalkan ARPANET di sebuah konferensi ICCC yang dilaksanakan di Washington.

Pembuatan program pertama

Pembuatan program pertama pada sejarah awal internet

Via Pixabay.com @ Pexels

Sejarah internet lainnya yang juga menjadi sejarah sangat penting masih terjadi pada tahun 1972. Di mana pada saat itu Ray Tomlinsen membuat program yang memungkinkan adanya surat elektronik dan dikirim ke ARPANET.

Ia juga orang yang merancang konversi [email protected] Sebuah istilah yang sangat tidak asing saat ini bagi mereka yang tertarik dengan jaringan.

Pada tahun 1977, jumlah komputer yang terhubung dengan ARPANET sudah semakin banyak saja, di mana sejarah internet mencatat sudah ada 111 buah komputer yang sudah berhasil dihubungkan.

Sebuah pencapaian di atas rata-rata yang bahkan beberapa tahun sebelumnya rasanya sulit untuk dibayangkan.

Lalu, pada tahun 1978 ditemukanlah Unix-to-Unix Copy Protocol berhasil ditemukan di Laboratorium Bell. Program inilah yang berfungsi untuk melakukan transfer file.

Sebuah sejarah internet yang tidak bisa dilupakan. Pengembangan-pengembangan terus dilakukan, hingga di tahun 1986 TCP/IP sudah tersedia pada Workstation dan juga PC.

Pada tahun ini pulalah National Science Foundation mulai mengucurkan dana untuk NSFNET, di mana hal ini menjadi tulang punggung untuk internet dengan kapasitas 56 kbps.

Tak hanya itu saja, hal tersebut juga bisa mengatur internet yang hanya digunakan untuk riset dan pemerintah, yang artinya tidak dibuat untuk komersial.

Selanjutnya, pada tahun 1979 dibuat grup diskusi Usenet. Program ini dibuat oleh Jim Ellis, Tom Truscott dan juga Steve Bellovin.

Tidak lama kemudian, penggunaan Usenet meningkat dengan drastis dan membuat banyak sekali orang merasa penasaran dengan hal tersebut. Dan siapa yang menyangka, bahwa emoticon juga diusulkan di tahun ini oleh Kevin McKenzie.

Dan semakin berkembang…

Sejarah internet pengguna PC semakin banyak

Pixabay.com @ janeb13

Lalu, diawal tahun 1980 penggunaan komputer pribadi alias PC semakin mewabah.

Di tahun ini juga sejarah internet mencatat hal yang sangat menarik, di mana ARPANET sudah mempunyai 213 anggota host yang terhubung. Kemudian layanan BITNET alias Because Its Time Network pun dimulai.

Di mana sudah ada layanan e-mail, File Transfer Protocol dan juga mailing list. Di tahun ini, Computer Science Network juga dibangun oleh ilmuwan dan pakar yang berasal dari berbagai universitas.

Mungkin kini kamu sudah mulai bertanya-tanya, kapan sebenarnya istilah internet ini digunakan, di mana pada sejarah internet yang sudah dijabarkan tadi masih belum digunakan istilah tersebut.

Istilah internet ini pertama kali digunakan pada tahun 1982. Dan TCP/IP juga diadopsi sebagai protokol umum pada jaringan tersebut.

Munculnya istilah domain

Sejarah internet awal mulanya muncul istilah domain

Pixabay.com @ TheDigitalArtist

Kemudian, di tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan pada publik, atau saat ini disebut dengan Domain Name System alias DNS. DNS ini berfungsi untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer.

Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet semakin berkembang dengan sangat pesat.

Sejarah internet benar-benar berkembang saat ini yang dibuktikan dengan adanya milyaran situs internet. Di tahun inilah mulai ada bisnis digital dan berbagai macam trend yang terus berkembang hingga saat ini.

Dan hingga kini, sejarah internet masih terus saja berkembang. Apalagi dengan adanya sosial media yang membuat kamu tidak bisa lepas dengan akses internet sehari pun.

Dengan mengetahui sejarah internet yang sudah dijelaskan tadi, kamu sebagai penggunanya diharapkan lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan internet.

Akan sangat sia-sia bukan usaha para ilmuwan dulu jika saat ini kamu hanya menggunakan internet untuk hal yang kurang bermanfaat dan merugikan orang lain? 🙂