Perlukah Ubuntu memakai antivirus?

Ada banyak virus yang tersebar diluar sana, jumlahnya terus bertambah setiap waktu. Sebagian besar dari virus yang ada dibuat untuk mengganggu bahkan merusak sistem operasi Windows. Kendati demikian, sistem operasi lain juga bisa terkena virus, hanya saja kemungkinannya yang lebih kecil. Seperti pada Ubuntu, meskipun masih sangat jarang ada perangkat komputer yang berjalan dengan sistem operasi Linux khususnya Ubuntu yang terkena virus, bahkan saya belum pernah menemukannya.

Kembali ke topik utama, perlukah Ubuntu memakai antivirus? Ubuntu juga tidak terlepas dari ancaman virus, apabila Anda was-was karena ancaman tersebut ya install saja. Namun sejauh ini saya masih aman-aman saja menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi utama tanpa perlu mengkhawatirkan ancaman virus. Dan memang itulah kelebihan yang ada pada sisi Ubuntu.

Namun meskipun sikap saya cuek terhadap ancaman virus di luar sana, bukan berarti Anda juga harus ikutan cuek juga. Hal lain yang membuat saya malas untuk menginstall antivirus adalah ribet. Mungkin ribet ini relatif, karena saya orangnya suka malas ketika harus dengan teratur mengupdate antivirus setiap hari dan harus scan komputer yang terus terang itu membutuhkan waktu lama dan dan sungguh itu merupakan kegiatan yang membosankan.

Anyway, berikut merupakan beberapa antivirus yang tersedia untuk Ubuntu:

  • Comodo anti-virus, dapat di download di sini.
  • BitDefender antivirus, dapat di download di sini.
  • Panda antivirus, dapatkan informasinya di sini.

Install atau tidak antivirus kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Karena menurut saya, antivirus di Ubuntu itu “perlu gak perlu” sih. Perlu install ya hanya untuk jaga-jaga saja dan gak perlu karena emang tidak perlu install, mengingat Ubuntu dirancang dengan sistem keamanan yang “lebih” dibandingkan sistem operasi punya lain.

Ada hal lain yang lebih penting dibandingkan antivirus pada sistem Ubuntu, yaitu pastikan untuk mengupdate ketika sudah tersedia update. Karena setiap update pasti ada perbaikan dari berbagai lini, baik itu perbaikan bug, performance, dan juga dari sisi security atau keamanan.

Oh iya, kalau mau tau cara install Ubuntu, bisa cek di sini ya.

Tags: