Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat kurma yang luar biasa untuk kesehatan

MANFAAT KURMAKurma, tentu sudah tidak asing lagi di telinga, walaupun bukan asli berasal dari Indonesia, tapi sudah banyak orang yang mengenalnya. Apalagi jika bulan ramadan. Dan tahukan Anda, ternyata kurma sudah menjadi bahan makanan pokok bagi penduduk di kawasan Timur Tengah sejak ribuan tahun silam.

Maka dari itu, kurma sudah dibudidayakan sejak zaman kuno, dari Mesopotamia (daerah kawasan negara Irak) hingga ke pra-sejarah Mesir sekitar awal tahun 4000 SM. Tapi ditemukan juga bukti arkeologi kurma sudah dibudidayakan di kawasan Arab timur pada tahun 6000 SM.

Saat itu, selain dijadikan sebagai makanan, kurma juga dijadikan sebagai bahan untuk minuman (anggur kurma) dengan cara di fermentasi. Setelah itu, kurma semakin menyebar ke berbagai wilayah, seperti ke kawasan Barat Daya Asia bahkan ke Eropa (seperti Spanyol dan Italia).

Kurma biasanya tumbuh di kawasan atau wilayah yang memiliki padang pasir. Tak heran, kurma banyak tumbuh di Timur Tengah. Negara-negara produsen kurma terbanyak diantaranya Mesir, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Pakistan, Aljazair, Irak, Sudan, Oman dan Libya.

Kurma memiliki berbagai macam jenis atau varian, dan salah satu yang paling terkenal adalah kurma Nabi atau yang juga biasa disebut dengan kurma ajwa. Jenis kurma istimewa ini biasanya dipatok dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Harganya bisa mencapai Rp. 500.000 per kg.

Nah, setelah mengetahui sejarah singkat kurma, tak lengkap rasanya jika tidak membahas manfaatnya.

Manfaat kurma bagi kesehatan

Manfaat kurma untuk kesehatan

Untuk ibu hamil

Para ahli kesehatan dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat telah melakukan penelitian tentang manfaat kurma kepada ibu hamil, bahwa konsumsi kurma dalam jumlah tertentu dapat membantu mengurangi induksi (merangsang kontraksi rahim) pada saat persalinan. Sehingga proses persalinan lebih lancar.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 69 orang ibu hamil. 4 minggu sebelum estimasi tanggal kelahiran bayi, setiap harinya, ibu-ibu tersebut diberikan enam buah kurma, dan hasilnya memperlihatkan beberapa hal yang positif dan baik. Dan berikut beberapa hal tersebut:

  • Selaput ketuban tidak mudah pecah sebelum persalinan. Karena jika pecah, maka akan berpotensi munculnya komplikasi seperti peradangan selaput amnion dan juga infeksi.
  • Pembukaan rahim lebih cepat. Jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi kurma sebelumnya, biasanya pembukaan rahim ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam dari 1 hingga 3 cm.
  • Kebutuhan akan oksitosin lebih rendah. Oksitosin ialah hormon untuk merangsang kontraksi. Jadi, ibu-ibu yang rutin mengkonsumsi kurma, proses persalinannya lebih lancar.
  • Persentase persalinan normal lebih tinggi. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kurma, berpotensi tinggi untuk melahirkan normal. Dalam penelitian membuktikan angkanya bisa mencapai 96 persen dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kurma hanya 79 persen saja.

Membantu merawat dan menjaga kesehatan mata

Semua orang tentu mendambakan mata yang sehat. Dan untuk senantiasa mempertahankan kesehatan mata itu terkadang tidak mudah, karena kita harus rutin memeriksakannya ke dokter mata. Selain itu, biasanya setelah itu kita dianjurkan untuk terus mengkonsumsi obat atau nutrisi, yang biayanya tidak murah.

Namun tahukah Anda, bahwa kurma bisa dijadikan sebagai alternatif untuk dijadikan sebagai perawatan mata. Karena dalam kurma terdapat kandunga nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk membantu merawat dan menjaga kesehatan mata kita secara alami.

Tentu hal tersebut jauh lebih praktis, mudah, aman serta sangat terjangkau. Kita hanya cukup mengkonsumsi kurma secara rutin. Dan hal tersebut juga tidak ada ruginya, karena selain memiliki rasa yang enak dan manis, ternyata kurma juga termasuk ke dalam buah yang di sunnahkan oleh Rasulullah SAW, karena beliau juga sering mengkonsumsinya.

Membantu mengobati radang

Adanya radang dalam tubuh mendakan kondisi kesehatan sedang tidak baik. Radang adalah salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang, seperti radang tenggorokan, dll. Solusi paling mudah dan tidak ribet untuk mengatasi radang bisa menggunakan kurma, karena memiliki zat anti radang serta bisa menjadi nutrisi yang dapat berguna dalam masa pemulihan tubuh. Maka dari itu, disaranakan untuk mengkonsumsi kurma secara rutin.

Membantu menambah berat badan

Karena kandungan kalori yang ada di dalamnya, maka dari itu, kurma dapat membantu menaikkan berat badan. Karena seringkali orang yang memiliki badan kurus kurang memiliki rasa percaya diri. Terlalu kurus juga tidak baik. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi kurma secara rutin dalam rangka ikhtiar dan upaya untuk dapat menambah berat badan secara alami.

Membantu mengatasi gangguan usus

Ternyata dalam kurma terkandung zat bernama nikotin. Kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis kelainan yang terjadi pada usus. Kurma dapat merangsang perkembangan bakteri baik dalam usus serta mengurangi organisme patologis.

Selain itu, asam amino yang ada dalam kurma juga dapat membantu merangsang proses pencernaan makanan menjadi lebih efisien. Dengan demikian, saluran pencernaan juga akan lebih mudah menyerap nutrisi makanan ke dalam tubuh.

Membantu memperlancar buang air kecil

Bagi Anda yang mengalami kesulitan buang air kecil, maka kurma dapat menjadi solusi. Hal tersebut juga dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad, bahwa kandungan yang ada dalam kurma mampu membantu memperlancar buang air kecil. Konsumsilah minimal 5 buah kurma dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Meningkatkan stamina

Kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Maka dari itu, kurma dapat membantu meningkatkan stamina. Jika kondisi tubuh sedang dalam keadaan lemas, dapat dibantu dengan mengkonsumsi kurma agar tubuh kembali fit dan berstamina. Disarankan untuk mengkonsumsinya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membantu mengatasi penyakit anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan di mana rendahnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Kandungan zat besi dan juga nutrisi lainnya yang ada dalam kurma mampu membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh secara alami. Nah, kurma ini bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif bagi penderita anemia karena mudah, sangat terjangkau juga aman.

Membantu menjaga kesehatan jantung

Dibalik rasanya yang manis dan enak, ternyata kurma juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung kita. Cara konsumsinya juga sangat mudah, cukup rendam kurma dalam air selama satu malam, lalu keesokan harinya kurma sudah dalam keadaan sedikit meleleh atau mencair, dan saat itulah waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.

Rendaman kurma tersebut memiliki dampak yang positif, terutama kepada penderita penyakit jantung yang lemah. Hal tersebut karena adanya kandungan zat potassium yang tinggi dalam kurma. Hal tersebut telah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan. Selain penyakit jantung, manfaat kurma juga untuk mengurangi risiko penyakit stroke dan menurunkan kadar kolesterol.

Membantu menjaga kesehatan tulang

Kurma memiliki kandungan kalsium. Yang mana, zat kalsium ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Maka dari itu, untuk senantias menjaga agar kondisi tulang tetap sehat, maka konsumsi lah kurma dengan rutin. Demikian banyak manfaat kurma ini, sungguh luar biasa.