Mau Kaya? Pelajari 7 Kebiasaan dan Rahasia Orang Kaya Ini

Anda sedang menjalankan usaha sendiri atau bekerja sebagai karyawan? Hasil dari apa yang Anda kerjakan sekarang ini tentu saja mendapatkan kecukupan dalam hal keuangan. Dengan pendapatan cukup dan rutin, Anda dapat memenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder, baik itu untuk keperluan pribadi ataupun keluarga.

Namun pernahkan Anda berpikir, seperti apa sih yang dirasakan para orang kaya? Tentu Anda ingin seperti mereka, bukan? Sebelum Anda melihat betapa enaknya jadi orang kaya, ada baiknya Anda melihat sisi lain dari kebiasaan mereka. Banyak perjuangan “sunyi” serta kebiasaan yang tidak banyak orang ketahui.

Bagaimana kebiasaan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari, ini bisa menjadi pelajaran yang berharga buat siapa saja yang ingin memiliki kebebasan secara finansial. Seperti apa sih kebiasaan mereka?

Berikut ini beberapa kebiasaan orang kaya yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari berbagai sumber:

Tetap berhati-hati walaupun dalam pengeluaran kecil

Rata-rata orang hanya berhati-hati saat membeli ataupun berinvestasi dalam nominal besar saja. Namun berbeda bagi orang ‘kaya’, mereka akan tetap berhati-hati dalam segala pengeluaran dan investasi, baik itu besar maupun kecil.

Karena justru pengeluaran kecil perlu juga diperhatikan, karena justru ada begitu banyak jenis pengeluaran kecil setiap hari, sehingga jumlah dan nilainya jika dikalkulasikan bisa menjadi besar. Mereka biasanya akan menemukan cara agar bisa mengurangi pengeluaran.

Fokus pada masa depan

Seringkali kita mengeluarkan uang untuk sesuatu yang disukai saat ini saja. Lalu, pada akhir pekan atau tanggal tua menjadikan rekening bank dan dompet sudah menipis.

Berapa pun penghasilan Anda, cara hidup seperti ini tidak akan pernah menjadikan Anda ‘kaya’. Karena prinsip orang ‘kaya’ ialah mereka akan berfokus ke masa depan, bukan hanya sekadar memuaskan nafsu keinginan belanja saat ini.

Kerja keras

Banyak yang mengira bahwa orang ‘kaya’ hidupnya berfoya-foya dan bergaya hidup mewah. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena pada kenyataannya, mereka adalah tipe pekerja keras.

Mereka biasanya melakukan hal yang melebihi orang biasa, setidaknya pada umur yang paling produktif. Jika penghasilan sudah bertambah mereka menyimpan lebih dari yang sebelumnya.

Tidak suka pamer untuk mencari popularitas

Banyak orang senang membeli dan menggunakan barang yang bagus hanya untuk membuat orang lain terkesan dan mendapatkan pujian. Bila Anda ingin ‘kaya’, sebaiknya Anda hindari hal tersebut, agar pengeluaran bisa kita kendalikan. Usahakan hanya membeli sesuatu yang Anda butuhkan saja dan berhentilah untuk menjadikan orang lain terkesan pada Anda.

Kita bisa lihat orang-orang kaya seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Jeff Bezos atau Warren Buffett yang tetap memilih untuk sederhana walaupun sudah mempunyai banyak uang. Bahkan Buffett tetap menyetir sendiri mobilnya tanpa supir pribadi dari rumah ke kantor, dan sarapan di rumah makan cepat saji.

Menabung dari penghasilan

Habit lainnya, orang ‘kaya’ biasanya tidak suka menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan lebih senang untuk menabung. Mereka tidak seperti yang diasumsikan kebanyakan orang. Itulah sebabnya mengapa mereka tetap ‘kaya’. Mereka suka menabung.

Mereka juga sangat paham di mana uang tabungannya harus ditempatkan atau diinvestasikan, yang mana bisa memberikan imbal balik hasil yang menguntungkan. Di saat rata-rata orang hanya mendapatkan return normal sekitar 5%-6% per tahun, maka orang kaya paham betul kemana menempatkan dananya untuk bisa mendapatkan return lebih tinggi dari rata-rata orang biasa.

Sering menawar saat berbelanja

Layaknya seperti kebanyakan orang, golongan ‘kaya’ pun ternyata suka menawar. Mereka biasanya akan mencari diskon murah dan menawar harga. Ada yang mengatakan bahwa “mengapa harus membayar mahal jika masih ada yang lebih murah”.

Tidak semua orang kaya hidupnya selalu berfoya-foya, bahkan banyak diantara mereka memilih untuk tetap sederhana. Mereka adalah tipe pekerja keras yang sangat hati-hati dalam hal pengeluaran. Jadi, jika Anda masih tetap ingin ‘kaya’, maka baiknya ikutilah kebiasaan orang kaya.