Inilah penyebab kuota internet cepat habis

Pada zaman sekarang ini, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer, setidaknya bagi saya pribadi. Dan ketika kuota paket internet habis, itu merupakan kejadian yang sangat mengerikan. Terkadang bagi sebagian pengguna smartphone, mereka lebih memilih untuk keluar uang “lebih” untuk membeli paket internet daripada mengalokasikan pulsa untuk telpon atau sms. Jadi ketika kuota internet habis, seakan-akan mereka merasa tidak ada lagi sarana untuk berkomunikasi.

Untuk hanya bertegur sapa saja, pengguna smartphone lebih memilih menggunakan aplikasi chatting seperti BBM atau WhatsApp karena teman-teman mereka lebih banyak menggunakan kedua aplikasi tersebut daripada menggunakan sms yang sudah mereka anggap konvensional dan kuno. Adanya benarnya juga menang, karena jika dihitung-hitung, apabila chatting lewat sms maka biaya akan relatif lebih mahal.

Lebih dari sekadar untuk berkomunikasi, paket internet juga untuk kebutuhan hiburan, seperti streaming video di Youtube, streaming music, bermain game online dan berbagai hal lain yang bersifat hiburan. Dan ketika kuota internet habis, smartphone seolah-olah menjadi “regular phone” atau hape biasa yang fungsinya hanya bisa untuk telepon dan sms saja.

Nah, untuk dapat menyiasati penggunaan kuota internet ini, perlu adanya manajemen kuota serta perencanaan penggunaan. Sebelum membeli paket internet, ada baiknya pahami terlebih dahulu kebutuhan Anda, karena ketika Anda tipe orang yang suka streaming dan malah membeli paket unlimited tentu akan nyesel, karena ketika paket unlimited mencapai batas pemakaian, maka kecepatan akan dibatasi.

Dan berikut merupakan beberapa penyebab kuota internet cepat habis:

Video chatting

Tentu video chatting merupakan hal yang sangat mengasyikkan, terutama bagi pasangan yang LDR. Pilihan untuk melakukan obrolan video menjadi pilihan tepat, biasanya layanan yang paling sering digunakan adalah Skype, FaceTime, atau Google Hangout. Secara logika, aktivitas ini tentu sangat menguras kuota internet. Maka, ketika sedang video chatting, Anda harus ingat waktu sehingga tidak kehilangan banyak kuota.

Game online

Aktivitas game online memang mengasyikan, walaupun saya pribadi jarang sekali main game online, namun saya membenarkan hal tersebut. Memang asyik. Namun terkadang, karena terlalu asyik bermain game online hingga tidak memperhatikan kuota internet dan tak terasa habis dengan cepat. Namun beberapa game tertentu tidak begitu menguras kuota internet, seperti Two Dots atau Words With Friend ngga terlalu memakan kuota internet. Namun walaupun begitu, manajemen kuota itu sangat penting.

Streaming musik atau video

Yaiyalah. Namanya juga streaming, pasti akan menguras kuota internet dengan cepat. Layanan musik streaming memang praktis, jadi kita tidak perlu susah payah mendownload lagu, tinggal kita stream aja. Benefit lain dari streaming adalah akan ramah terhadap ruang penyimpanan memori, namun sayangnya kuota internet akan cepat habis. Hal yang sama juga ketika streaming video seperti Youtube, Vimeo (sudah di block kelesss), dll.

Download (apapun itu)

Menurut saya, inilah yang paling banyak menghabiskan kuota internet. Yes, download. Apa saja, mulai dari download lagu (inget ya guys, download lagu yang legal), download video (please deh, jangan video yang kayak gitu), app smartphone (please use legal apps), dan masih banyak lagi hal asyik lain untuk di download untuk “di nikmati” secara offline. Itu semua dapat menguras habis kuota internet dengan cepat. So, bijaklah dalam hal kegiatan download ini.