Ini dia makanan sehat untuk jantung bengkak

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa faktor makanan sangat erat kaitannya dengan tingkat kesehatan seseorang. Jika makanan sehat yang dikonsumsi, maka tubuh pun akan sehat dan begitupun sebaliknya, jika mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan berdampak kurang baik terhadap tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kesehatan kita mencerminkan dari makanan apa yang seseorang konsumsi.

Begitu juga untuk masalah jantung, kita harus sebisa mungkin mem-filter makanan apa saja yang baik dan makanan yang kurang baik bagi kesehatan jantung kita. Karena memang, risiko penyakit jantung dapat berkurang jika kita mempunyai kuasa penuh atas apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penderita ataupun bukan penderita, ada baiknya untuk dapat mengatur porsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Lantas, apa saja makanan sehat untuk penderita jantung bengkak?

Tomat

Selain rasanya yang nikmat, ternyata tomat juga dapat digunakan sebagai makakan yang baik untuk dikonsumsi, terutama bagi pengidap penyakit jantung bengkak. Antioksidan yang terkandung pada tomat mampu mengurangi serta menekan pembengkakan yang terjadi pada jantung. Selain itu, tomat juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Kedelai dan jenis kacang-kacangan lainnya

Umum dikonsumsi untuk keperluan diet, ternyata kedelai juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung bengkak karena dapat membantu mengurangi penyakit itu sendiri, juga menurunkan risiko terhadap penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Kedelai juga baik digunakan dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, jenis kacang-kacangan lain seperti kacang almond dan kacang tanah juga baik dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak, karena kandungan asam folat yang ada di dalamnya.

Bawang putih

Racun, jamur serta virus yang terdapat dalam tubuh ternyata dapat dikurangi dengan bawang putih secara alami. Hal tersebut karena bawang putih mengandung anti-biotik. Selain dari pada itu, bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi tingkat kekentalan darah.

Anti-biotik berfungsi untuk mengkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Lebih lanjut lagi, berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat mampu membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 20%.

Selain makanan, penting untuk diperhatikan juga berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung bengkak seperti kebiasaan merokok, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, dll patutnya dapat dihindari.

Tags: