Cara mengamankan akun Twitter

Setiap hari banyak orang menggunakan Twitter untuk berbagai tujuan dan maksud tertentu, ada yang hanya untuk “saling sapa” dan “cuap cuap” dengan Tweets mereka dengan sesama pengguna lain atau bahkan ada juga yang memanfaatkan Twitter untuk meraup “Rupiah” (dalam artian Twitter digunakan sebagai media untuk mencari uang dan ladang bisnis). Sekarang, Twitter lebih dari sekadar sosial media, Twitter dijadikan bisnis.

Akan tetapi, di satu sisi, dengan dijadikannya Twitter sebagai media untuk bisnis, maka otomatis tingkat kejahatan di dunia digital sekarang ini makin tinggi, baik itu kejahatan hacking, email phishing, dan masih banyak lagi skema dan jenis kejahatan lainnya.

Twitter sering diserang oleh para hacker dengan beberapa tujuan, misalnya meretas akun-akun penting seperti akun pejabat pemerintah, artis, presiden dan akun dengan pengikut (followers) banyak lainnya, dengan tujuan untuk mengambil alih kepemilikannya, sehingga bisa di manfaatkan untuk tujuan tertentu.

Demi meningkatkan segi keamanan, seperti yang telah diberitahukan dari postingan blog resmi mereka, sekarang pihak Twitter telah menambahkan metode verifikasi (Twitter Login Verification) ketika login ke akun kita, yaitu dengan mengirim 6 digit kode verifikasi ke nomor handphone/mobile. Dan tanpa kode verifikasi tersebut, kita tidak akan bisa login. Metode tersebut bisa mencegah dari pencurian data oleh para hacker/peretas.

Cara mengamankan akun Twitter

Kamu cukup mengaktifkan fitur tersebut di menu setting > security and privacy, lalu pilih Send login verification request to +62[nomor kamu]. Tapi, aktifkan dulu Twitter mobile di menu setting > mobile, ikuti langkah-langkahnya, beres deh. Cukup mudah bukan?

Lihat pula video nya berikut ini:

Ketika login verification sudah di aktifkan, aplikasi yang sudah berjalan tidak usah login kembali. Tetapi, Jika aplikasi aplikasi Twitter di Android atau iPhone atau handset lainnya meminta login ulang, maka buka kembali applications page untuk mendapatkan kode yang digunakan sebagai authorisasi aplikasi tersebut.

Sebagai contoh, saya telah mengaktifkan/mencentang Login Verification di menu setting, maka jika saya ingin menggunakan aplikasi Twitter di iPhone, dan aplikasi tersebut meminta saya untuk login ulang, maka saya harus meng-generate password untuk aplikasi tersebut agar bisa di authorisasi di menu applications page.

Inti dari cara mengamankan akun twitter adalah jangan lupa untuk lebih meningkatkan keamanan, ganti lah password kamu secara berkala minimal satu bulan sekali. Dan ingat, jangan beritahukan orang lain tentang password kamu, pastikan hanya kamu saja yang mengetahuinya.

Tags: