Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara buat toko online dengan WordPress

Bagaimana sih cara buat toko online dengan WordPress? Mari kita bahas. Tapi sebelumnya, saya mau cerita sedikit tentang apa itu WordPress.

WordPress merupakan salah satu platform blogging terbesar di dunia. Banyak sekali webmaster (pemilik web) yang menggunakan platform ini untuk membangun website atau blog.

WordPress menjadikan pilihan utama para webmaster karena sangat mudah untuk digunakan, mudah untuk di kustomisasi serta banyak plugin untuk menunjang perkembangan situs berbasis WordPress.

Hal yang kerennya lagi dari adalah WordPress bisa digunakan untuk berbagai tujuan dan keperluan, mulai dari kegiatan blogging saja, untuk dibuat sebagai website portal, forum diskusi sampai toko online dan masih banyak lagi.

Maka tak heran banyak pula website-website besar yang juga menggunakan platform WordPress ini sebagai mesin utamanya. That’s awesome! Tertarik juga untuk mempelajari WordPress? Bisa klik tautan tutorial cara install WordPress. Lengkap banget panduannya.

Dan berdasarkan pengalaman saya pribadi pun, WordPress memang sangat bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Saya dulu pernah menggunakan berbagai platform lain untuk belajar, mulai dari Drupal, Joomla, Blogger, dll namun hanya WordPress yang membuat saya nyaman.

Kenapa harus menggunakan WordPress, kan CMS lain juga banyak yang secara spesifik dibuat untuk tujuan toko online atau e-commerce? Iya memang betul, ini hanya kembali kepada selera masing-masing saja kok, karena saya nyamannya pakai itu.

Lalu, bagaimana cara membuat toko online dengan WordPress?

Cara buat toko online dengan WordPress

Jadi cara saya membangun toko online atau e-commerce dengan menggunakan WordPress khususnya untuk toko online dengan target pasar lokal dalam negeri, saya cari themes atau template WordPress yang sudah build-in (sudah termasuk) dengan sistem katalog produk, sehingga memungkinkan kita untuk memasukkan produk tanpa harus install plugin tambahan seperti Woocommerce.

Dan kalaupun pakai plugin Woocommerce kita harus setting lagi bahasa serta perhitungan ongkos kirimnya karena mengingat Woocommerce itu dibuat atau dikembangkan oleh developer luar, jadi untuk dapat digunakan di toko online lokal apalagi produk fisik seperti produk busana, elektronik, dll harus mengatur fungsi penghitungan ongkos kirim. Kecuali kalau untuk produk digital.

Saya pikir bahwa dengan menggunakan plugin Woocommerce agak repot juga, jadi saya lebih memilih themes yang sudah tersedia fitur toko online di dalamnya.

Ya, saya menggunakan themes Smart Toko buatan developer lokal, dan saya berani bilang bahwa ini keren banget dan sudah cukup untuk membangun toko online yang sederhana.

Jadi, cara saya buat toko online dengan WordPress itu hanya sangat mudah, tinggal download dan install saja themes tersebut. Lalu setting beberapa opsi tertentu sesuai kebutuhan, input produk dan selesai.

Saat itu juga toko online saya sudah dapat digunakan dan siap melayani pelanggan dari seluruh kota di Indonesia.

Langkah selanjutnya tinggal iklankan website di Facebook atau Google Adwords atau dengan SEO agar toko online kita makin laku dan banyak pembelinya. Oh iya, berikut saya sertakan juga link download themes tersebut di sini.