Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bunga Melati: Jenis, manfaat & gambarnya (Lengkap)

Bunga melati adalah salah satu tanaman yang tergolong ke dalam perdu (kelompok pohon yang mempunyai tinggi di bawah 6 meter). Melati mempunyai bentuk batang yang tegak dan dapat tumbuh menahun dengan cara merambat. Tergolong ke dalam family zaitun (Oleaceae).

Tanaman yang asli berasal dari daerah yang beriklim tropis dan hangat dari Australasia, Eurasia dan Oseania. Melati sudah dibubidayakan secara luas sejak zaman dulu, hingga menjadi bunga yang memiliki aroma khas dari daerah tersebut.

Simak juga keindahan bunga edelweiss.

Di negara kita, bunga ini dijuluki sebagai “puspa bangsa” atau menjadi simbol nasional. Jenis melatinya yaitu melati putih atau nama latinnya Jasminum sambac. Karena dipercaya bahwa bunga ini menjadi simbol kemurnian dan kesucian.

Ditambah lagi dihubungkan dengan berbagai macam tradisi dari banyak suku yang ada di Indonesia. Dalam upara pernikahan yang mengusung tradisi misalnya, bunga ini seakan wajib hadir. Bukan hanya satu suku saja, tapi di banyak suku. Terutama di suku Jawa dan suku Sunda.

Gambar bunga melati indah sekali
Sumber dari Pixabay.com @ webandi

Tak heran, nama bunga melati sangat populer sekali di Indonesia. Saking terkenalnya, bunga melati memiliki nama tersendiri di setiap daerah.

  • Bunga melati di daerah Aceh disebut riwat
  • Di daerah Batak Karo disebut melur
  • Di daerah Bali disebut menuh
  • Di daerah Madura disebut melete
  • Di daerah Banda disebut menyuru
  • Di daerah Manado disebut manduru
  • Di daerah Sumbawa dan Bima disebut mundu
  • Di daerah Timor disebut manyora
  • Dll

Baca juga: bunga mawar.

Sedangkan di Eropa, tersebar di beberapa negara, diantaranya:

  • Di Italia terdapat bunga melati casablanca, nama lainnya Jasminum officinalle atau disebut juga Spanish Jasmine. Pertama kali ditanam pada tahun 1692 untuk dijadikan bahan dasar parfum.
  • Di Inggris terdapat bunga melati putih dengan nama latin J. sambac pertama kali dipopulerkan oleh Duke Casimo de Medici pada tahun 1665.
  • Inggris juga membudidayakan jenis melati lainnya yaitu J. parkeri yang ditemukan di daerah India Barat Laut pada tahun 1923.

Jenis-jenis bunga melati

Para ahli botani memperkirakan ada sekitar 200 jenis bunga melati. Namun dari sekian banyak jenis tersebut, hanya 9 jenis yang baru dibudidayakan. Dan dari 9 jenis tersebut, 8 diantaranya sangat bagus untuk dijadikan tanaman hias seperti di pekarangan rumah atau taman.

Sebagian besar dari jenis melati itu masih tumbuh liar di hutan-hutan, karena masih belum terlihat potensi sosial dan ekonominya, maka belum ada yang membudidayakannya. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis melati:

1. Jasminum elongatum (Bergius) Willd

Gambar bunga melati jenis Jasminum elongatum
sumber toptropicals.com

Jenis ini biasa tumbuh tinggi sekitar 1 sampai 7 meter. Ciri fisik daun sederhana berbentuk oval dan tersusun dengan pasangan berlawanan pada sepanjang tangkai. Kelopak dalam satu tangkai bunga biasanya berjumlah 6-8 dan tabung mahkota bisa memiliki panjang hingga 3 cm.

Habitat tumbuhnya dapat ditemukan pada semak belukar atau hutan campuran. Tanaman ini sangat suka dengan sinar matahari yang penuh. Jenis ini biasanya tersebar di India, China, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Indonesia hingga Australia bagian utara.

2. Jasminum mensyi (Jasminum primulinum atau melati primrose)

Gambar bunga melati jenis Jasminum mensyi
via Wikipedia

Jenis ini tersebar di Vietnam dan China bagian selatan seperti Guizhou, Sichuan dan Yunnan. Namun ada juga yang mengatakan berada di Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat bagian selatan seperti Florida, Georgia, Alabama, Louisiana, Texas dan Arizona lewat proses naturalisasi.

Jenis ini biasanya dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter dengan lebar sekitar 1-2 meter. Memiliki ciri bunga berwarna kuning dan berbau wangi ketika musim panas dan musim semi.

3. Jasminum multiflorum

Gambar bunga melati jenis Jasminum multiflorum
via Wikipedia

Jenis ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti melati berbulu lebat, melati musim dingin, melati India dan melati bintang. Juga dikenal dengan nama Magha Mallika dalam bahasa Sansekerta.

Jika dunia barat mengenalnya dengan ungkapan “bunga putih seperti salju”, tapi dalam mitologi Hindu mengenalnya dengan “putih seperti kunda“. Di Manipur, yang merupakan negara bagian India, bunga ini sering digunakan dalam acara penting, seperti acara pernikahan.

Melati jenis ini tersedar di Bhutan, Nepal, India, Burma, Laos, Vietnam serta Thailand. Di daerah tropis dan subtropis, jenis ini sering dibudidayakan karena bunganya memiliki wangi yang harum dan menarik.

Lihat juga keindahan bunga anggrek.

4. Jasminum officinale atau melati casablanca (Spanish Jasmine)

Gambar bunga melati jenis Jasminum officinale
Gambar dari Pixabay.com @ nuzree

Yang lebih dikenal dengan “melati biasa”.

Aslinya berasal dari Kaukasus, Iran bagian utara, Pakistan, Afghanistan, Tajikistan, Himalaya, Nepal, India dan China bagian barat seperti Guizhou, Sichuan, Xizang.

Namun jenis ini sudah banyak dibudidayakan di banyak daerah lain, seperti negara-negara Eropa: Spanyol, Italia, Perancis, Portugal, Rumania, dll. Nama lain dari jenis ini juga dikenal sebagai sebutan melati putih, melati musim panas atau melati (saja).

Sangat disukai oleh para tukang kebun di seluruh dunia karena ketika musim panas tiba, bunga ini mengeluarkan aroma harum yang kuat. Bunga melati jenis ini juga menjadi bunga nasional negara Pakistan.

5. Jasminum parkeri

Gambar bunga melati jenis Jasminum parkeri
via Wikipedia

Jenis ini biasanya tumbuh tinggi sekitar 1 kaki. Mempunyai batang kecil yang kusam dan ciri daun oval kecil. Warna bunganya kuning dan memiliki aroma wangi. Pada awalnya, jenis ini pertama dikumpulkan di Chamba, Himachal Pradesh, India pada tahun 1920 oleh Richard Neville Parker.

6. Jasminum revolutum

Gambar bunga melati jenis Jasminum revolutum
sumber via rhs.org.uk

Jenis ini berukuran sedang dengan daun yang terdiri dari selusin yang berbentuk oval dan bunganya berwarna kuning cerah berukuran 2.5 cm serta beraroma wangi. Terdapat 5-12 kelopak dalam 1 bunga pada awal musim panas dan akhir musim semi.

7. Jasminum rex

Gambar bunga melati jenis Jasminum rex
via Youtube @
Crazyforflowers

Berasal dari Thailand. Memiliki daun dengan ukuran yang lumayan besar. Biasanya muncul pada musim dingin dan musim gugur.

8. Jasminum sambac (L.)

Gambar bunga melati Jasminum sambac
via Pixabay.com @ anandasandra

Inilah melati putih. Jenis yang berasal dari Asia Selatan seperti Sri Lanka, India dan Myanmar.

Penyebarannya sendiri dimulai dari Hindustan ke Indocina, dan seterusnya menyebar ke kepulauan Melayu. Bunga melati jenis inilah salah satu dari beberapa bunga nasional negara kita. Dikenal dengan julukan “Puspa Bangsa“.

Tak hanya menjadi bunga nasional Indonesia saja, bunga ini juga menjadi bunga nasional di Filipina. Jenis melati ini sering ditemukan tumbuh di halaman rumah, bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Melati jenis ini dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter.

Baca juga: Cari tahu asal bunga tulip yuk.

9. Jasminum simplicifolium

Gambar bunga melati jenis Jasminum simplicifolium
Sumber dari The Garden Clinic

Jenis ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di Australia. Dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter jika sebagai semak. Namun jika cara tumbuhnya memanjat ke batang pohon lain, tingginya bisa sampai 10 meter. Rata-rata batang tanamannya tidak berambut.

Tempat hidupnya berada di tepi hutan hujan, sebelah utara dari Singleton, New South Wales. Dan juga dapat ditemukan di Queensland, Northern Territory dan Western Australia. Bentuk daun dapat berukuran mulai dari 3-7 cm panjangnya, dan 1-4 cm lebarnya.

Manfaat bunga melati

Selain memiliki jenis dan varietas yang banyak, bunga yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat, baik untuk kecantikan atau kesehatan. Dan berikut ini diantaranya:

1. Membantu mencegah penuaan dini

Manfaat bunga melati untuk mencegah penuaan dini
Sumber dari Pixabay.com @ joannatree

Dengan rutin mengkonsumsi teh bunga melati setiap hari dapat membantu kulit agar terlihat awet muda. Hal ini terjadi karena melati mengandung zat anti-oksidan yang lumayan tinggi mampu melawan radikal bebas.

Karena radikal bebas dapat mempercepat adanya penuaan dini, maka dengan rutin mengkonsumsi teh bunga melati dapat mencegah hal itu terjadi. Selain itu, teh bunga melati juga dapat membantu mengurasi stres, rasa tegang dan rasa cemas.

2. Membantu menghilangkan bau badan

Ilustrasi bunga melati dapat membantu menghilangkan bau badan
Sumber via Pixabay.com @ pixel2013

Bau wangi yang terdapat dalam bunga melati dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh. Jika hendak membuat secara manual, caranya siapkan kurang lebih 30 kuntum melati, masukkan ke dalam wadah yang berisi air matang.

Tutup wadah tersebut dengan plastik, dan biarkan selama satu malam. Besok paginya minum airnya. Atau jika tidak mau repot, bisa membeli saja parfum yang beraroma bunga melati.

3. Membantu mengatasi jerawat

Cara menghilangkan jerawat - Penyebab timbulnya jerawat
via Pixabay.com @ Kjerstin_Michaela

Bunga melati juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan jerawat secara alami. Hal yang perlu disiapkan: belerang, jeruk nipis dan tentu saja bunga melatinya.

Cara pembuatan: Bersihkan semua bahan, lalu tumbuk halus dan terakhir baru tambahkan jeruk nipis. Cara penggunaannya dioleskan langsung ke bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 10 sampai 20 menit, lalu bersihkan.