Gambar bunga mawar serta jenis-jenisnya

Bunga Mawar adalah salah satu bunga yang banyak dikenal oleh khalayak banyak. Bunga mawar sendiri termasuk kepada golongan tanaman semak dari genus Rosa atau Rose (dalam bahasa Inggris).

Jadi, nama bunga mawar yang dalam bahasa Inggris adalah Rose merupakan serapan langsung dari genus nya yaitu Rosa.

Bunga ini mempunyai lebih dari 100 lebih spesies yang hidup secara liar di alam bebas. Terutama yang tumbuh di belahan bumi bagian utara yang mempunyai cuaca sejuk, seperti bunga tulip yang biasa tumbuh di tempat sejuk.

Bunga mawar pada dasarnya merupakan tanaman semak yang biasanya mempunyai duri dan tingginya berkisar antara 2-5 meter saja. Tapi, terkadang bisa tumbuh menjulang hingga 20 meter. Tapi sangat jarang.

Kebanyakan dari spesies bunga mawar mempunyai daun dengan ukuran panjang 5 sampai 15 cm dan tiap tangkai daun mempunyai paling tidak 3 atau 5 sampai 9 atau 13 lembar daun.

Bunga mawar yang tumbuh di daerah tropis seperti negara kita, Indonesia, kebanyakan pasti daunnya sering rontok atau gugur dengan sendirinya, mengapa? Karena sebetulnya bunga ini bukan jenis bunga tropis.

Itulah mengapa, di Indonesia kita jarang sekali menemui bunga mawar yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Pasti akan ada masanya daunnya berguguran, hal tersebut terjadi sebagai cara untuk menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungannya.

Bunga mawar rata-rata terdiri dari 5 helai daun mahkota, namun ada juga yang mempunyai hanya 4 helai daun mahkota, seperti Rosa Sericea. Warna dari bunga ini beragram, serperti merah muda, merah, putih, bahkan ada juga yang warna biru.

Duri yang terdapat pada bunga mawar umumnya mempunyai fungsi sebagai pengait atau pegangan agar dapat dengan mudah memanjat dan bersandar pada tumbuhan lain.

Namun beberapa jenis mawar yang tumbuhnya di daerah dekat pantai mempunyai duri yang cenderung lurus seperti jarum sebagai bentuk adaptasi untuk melindungi dirinya dari kerusakan oleh binatang, melindungi akar dari erosi dan menahan pasir yang diterbangkan angin.

Dengan adanya duri tersebut, sayangnya tidak dapat menjamin bunga mawar terbebas dari penyakit seperti bercak hitam. Dan penyakit yang paling parah adalah karat daun, yang akibatnya dapat mengakibatkan daun rontok.

Selain untuk tanaman hias dan bunga potong, mawar juga mempunyai manfaat lain, seperti: anti peradangan, antiviral, antidepresan, anti bakteri dan juga sebagai sumber vitamin C yang kaya.

Selain itu juga, daun-daun mahkota mawar dapat diolah menjadi parfum setelah melalui proses penyulingan dan penguapan. Bahkan, mawar juga bisa dibuat untuk campuran teh, bahan selai dan jelly.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat dari mawar ini..

Sekarang mari kita bahas pengelompokan bunga mawar. Secara garis besar, diklasifikasikan menjadi 3, yaitu:

1. Bunga Mawar Liar (Wild Rose)

gambar bunga mawar liar

Foto Pixabay.com @ JennyJohansson

Sesuai dengan namanya, bunga mawar ini tumbuh liar secara alami tanpa campur tangan manusia, bunganya berbentuk sederhana dan simpel dan sudah dikenal oleh berbagai peradaban manusia sejak dulu.

Beberapa jenis mawar yang tadi disebutkan penulis serta beberapa hibrida yang dihasilkannya termasuk bagian dari mawar liar.

2. Old Garden Roses

gambar bunga mawar old garden roses

Gambar Pixabay.com @ hansbenn

Jenis ini merupakan buah dari dari persilangan sebelum diperkenalkannya Hybrid Tea pada tahun 1867. Karena pada tahun tersebut, pertama kalinya mawar modern diperkenalkan, yakni La France.

Old garden roses yang berasal dari Eropa atau Mediterania merupakan mawar jenis semak belukar yang mempunyai ciri khas yaitu bentuk bunganya unik dan berbau harum, terutama yang berwarna putih, merah muda dan merah.

Mawar jenis ini cenderung lebih tahan terhadap penyakit. Biasanya hanya mekar pada batang yang terbentuk pada tahun-tahun sebelumnya. Penyebarannya ke China dari Asia Timur sekitar tahun 1800-an menghasilkan klasifikasi mawar baru.

Mawar old garden juga mempunyai jenis-jenisnya lagi. Dan berikut ini merupakan jenis-jenisnya diurutkan berdasarkan umur yang paling tua:

Mari kita uraikan satu-persatu:

Alba (Bunga Mawar Putih)

gambar bunga mawar putih white rose

Gambar via Pixabay.com @ monikasmigielska

Lebih sering dikenal sebagai mawar putih yang merupakan hasil persilangan antara Rosa Alba dan Rosa Arvensis. Alba termasuk ke dalam jenis mawar taman, juga merupakan jenis mawar yang paling tua.

Alba ini penyebarannya terjadi karena dulu bangsa Romawi kuno membawanya ke Inggris. Alba hanya dapat berbunga sekali dalam setahun.

Pada zaman modern seperti sekarang, cinta sejati lebih melekat dengan arti bunga mawar putih ini. Karena dipercaya mawar putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta.

Maka tak heran, di sekitar kita banyak menemukan bunga mawar putih ini digunakan pada pesta pernikahan, karena dapat juga mewakili rasa persatuan dari sebuah ikatan cinta.

Selain itu, mawar putih juga digunakan untuk memberikan penghormatan pada acara kematian & pemakaman, karena bisa mewakili rasa simpati dan rasa duka yang mendalam.

Mawar putih juga digunakan untuk media tanam yang dapat memperindah taman dan halaman rumah kita, karena perawatannya mudah dan ngga ribet.

Rosa Gallica

gambar bunga mawar rosa gallica

Gambar via Pixabay.com @ lapping

Jenis ini adalah hasil persilangan Rosa Gallica dari dua tempat yang berbeda, yaitu Eropa bagian selatan dan Eropa bagian tengah. Dapat berbunga hanya sekali pada musim panas.

Mempunyai warna yang indah (campuran antara putih dan ungu tua) dan juga wangi yang harum. Jenis ini juga termasuk yang mudah untuk dibudidayakan pada tanah yang dikeringkan, serta dapat bertahan pada suhu ekstrim -25 °C.

Rosa Gallica merupakan salah satu dari jenis mawar yang pertama kali dibudidayakan. Orang Yunani dan Romawi yang pertama kali membudidayakannya pada abad pertengahan.

Damask

gambar bunga mawar damask damascena

Foto via Pixabay.com @ byrev

Lewat tangan Robert de Brie, mawar jenis Damask ini dibawa dari Persia ke belahan Eropa pada tahun 1254 dan 1276. Damask ialah mawar hibrida. Terkenal akan bau harumnya dan sering dijadikan bahan minyak wangi.

Kelopak bunganya dapat dimakan, digunakan sebagai hiasan, sebagai teh herbal, dan juga bisa dibuatkan semacam manisan bernama Gulkand (berasal dari India).

Damask (Summer Damasks) merupakan hasil persilangan Rosa phoenicea dan mawar Gallica. Summer Damask hanya berbunga satu kali pada musim panas saja.

Sedangkan Autumn Damasks merupakan hasil persilangan antara Gallica dengan Rosa moschata dan berbunga hanya pada musim gugur saja.

Centifolia

gambar bunga mawra Centifolia wana pink

Gambar via Pixabay.com @ PascalCottel

Juga dikenal sebagai Provence, jika diartikan mempunyai makna “seribu daun mahkota”. Merupakan hasil pemuliaan pada abad ke-17 dan abad ke-19 oleh peternak mawar di Belanda. Centifolia hanya dapat berbunga satu kali dalam setahun.

Centifolia dapat tumbuh 1.5-2 meter. Bentuk bunga bundar dan bulat, mempunyai wangi yang harum dan kelopak tumpang tindih.

Biasanya berwarna merah muda, putih hingga berwarna ungu tua.

Keharumannya yang unik, ringan dan manis menjadikannya banyak dibudidayakan di Grasse, Prancis. Yang dikenal juga sebagai ibu kota pafrum dunia.

Moss

foto bunga mawar moss

Gambar via Pixabay.com @ pixel2013

Berbunga hanya satu kali dalam setahun dan masih berada dekat dengan Centifolia. Dapat tumbuh hingga 15-30 cm. Mempunyai batang yang tumbuh tegak.

Daunnya tebal dan tunggal dan mempunyai panjang antara 1-3.5 cm berbentuk tumpul pada ujungnya. Bunganya berkelopak 2-8 pada ujung batang.

Biasa mekar pada pagi hari dan menjelang sore hari layu. Bunganya berwrana putih, merah, kuning atau orange.

Termasuk mudah untuk dibudidayakan karena tidak membutuhkan banyak air dan ngga ribet. Cocok di tanam pada kondisi cuaca dengan curah hujan minim dan tempat kering.

China

gambar bunga mawar china

Foto via Pixabay.com @ juemi

Jenis yang paling produktif dalam berbunga. Karena sepanjang musim panas sampai akhir musim gugur dapat berkali-kali berbunga.

Dikenal dengan Mawar China, karena memang berasal dari Guizhou, Hubei, provinsi Sichuan dan juga China Barat Daya.

Dapat tumbuh hingga 1-2 m. Memiliki 3-5 lembaran dan daunnya berbentuk menyirip dengan panjang antara 2,5-6 cm dan lebar 1-3 cm. Spesies ini sudah dibudidayakan secara luas sebagai tanaman hias.

Jenis ini bukan termasuk mawar liar.

Portland

gambar bunga mawar portland

Gambar via Pixabay.com @ lapping

Mawar portland merupakan hasil dari persilangan antara mawar damask dan china. Autum damask dan slater’s crimson china dikenal sebagai cikal bakal adanya mawar portland pertama yang ditemukan di dekat Paestum, Italia.

Namanya sendiri diberikan oleh kolektor tanaman, Margaret Cavendish Bentinck, yang mana ia merupakan Duchesse of Portland pada tahun 1780-an. Ia adalah kolektor berbagai hal, salah satunya adalah kolektor bunga mawar.

Bourbon

gambar bunga mawar Bourbon

Foto via Pixabay.com @ noxx

Tahun 1823 jenis ini pertama kali dikenal di Perancis, oleh seorang bernama Henri Antoine Jacques.

Nama Bourbon sendiri berasal dari l’Île de Bourbon, yang sekarang dikenal dengan Réunion yang merupakan wilayah koloni negara Perancis yang berada di samudra Hindia yang dekat dengan Madagaskar.

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara Old Blush China dengan Autumn Damask. Istimewanya, jenis ini dapat berbunga berkali-kali dalam setahun.

Hybrid Perpetual

gambar bunga mawar Hybrid Perpetual

Foto via Pixabay.com @ skeeze

Jenis ini merupakan campuran antara Bourbon, Noisettes, Portland dan Teas. Dalam 1 musim dapat berbunga berkali-kali.

Pada tahun 1800-an di era pemerintahan Ratu Victoria, jenis ini sangat terkenal. Karena dianggap sebagai cikal bakal mawar modern.

Biasanya mekar pada awal musim panas, akhir musim semi atau di musim gugur. Jenis ini tidak terlalu banyak ditanam di taman, karena biasanya tumbuh terlalu tinggi dan tegak.

Tea Roses

foto bunga mawar jenis tea rose

Foto via Pixabay.com @ Katrina_S

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara berbagai macam jenis mawar. Dalam satu kali musim, dapat berbunga berkali-kali. Walaupun namanya “Tea” tapi wanginya tidak selalu berbau seperti teh.

Jenis ini banyak yang menyebutkan bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan sudah dikenal sejak berabad-abad dapat dijadikan minuman teh yang sehat dan bergizi.

Salah satu dari banyak manfaatnya antara lain: membantu mengobati nyeri pada dada, sakit perut, masalah pada pencernaan dan juga pendarahan pada menstruasi.

Bermuda “Mysterious” Roses

Gambar bunga mawar Bermuda "Mysterious" Roses

Foto via Pixabay.com @ ovidiucro

Se-misterius apa sih jenis mawar ini? Karena nama asli dari jenis mawar ini sudah tidak diketahui lagi. Sehingga disebut misterius.

Dibalik namanya yang agak aneh, ternyata mawar jenis ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, karena dapat ditanam pada daerah semi tropis dan tropis.

Selain itu juga dapat tahan terhadap cuaca lembap maupun cuaca yang panas.

3. Climbing Roses

gambar bunga mawar Climbing Roses indah

Foto via Pixabay.com @ TransFormat

Jenis ini lebih suka merambat “memanjat” ke hal yang ada di sekitarnya seperti dinding bangunan, kanopi bangunan, pagar rumah, tiang, dll.

Klasifikasi mawar yang dapat merambat diantaranya adalah English Climbing Roses, Noisette Roses, Climbing Tea Roses, Climbing Hybrid Tea Roses dan Climbing Bourbon.

4. Shrub Roses

foto bunga mawar jenis Shrub Roses

Gambar via Pixabay.com @ Hans

Jenis ini biasanya tumbuh agak memanjat dan merambat pada kanopi bangunan dan pagar. Ukuran bunga antara kecil hingga sedang. Bunganya dapat mekar tahan lama.

Pada abad ke-20, jenis ini merupakan hasil persilangan antara Spesies Roses dan mawar bush modern. Termasuk jenis mawar yang kuat, tangguh dan produktif.

Bunganya terlihat anggun dan cantik. Bentuknya seperti semak belukar. Bunganya mempunyai bentuk yang tidak sama satu sama lain, sehingga menjadikannya unik.

5. Modern Garden Roses

gambar bunga mawar Modern Garden Roses

Gambar via Pixabay.com @ castleguard

Ini merupakan keturunan dari Old Garden Roses. Bentuknya makin beragam. Modern Rose Garden merupakan semua jenis mawar yang diperkenalkan sejak tahun 1867. Sedangkan jenis mawar yang sebelum itu tergolong Old Garden Roses.

Nah, jadi kebanyakan mawar yang dijual saat ini termasuk mawar modern. Mawar modern biasanya mekar pada akhir musim semi, sepanjang musim panas dan sampai musim gugur.

Mawar modern digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu: Hybrid Tea dan Floribunda.

6. Buck Roses

Buck Roses adalah mawar yang indah. Pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Griffith Buck (ahli hortikultura dari Iowa State University) sekitar tahun 1950.

Hal itulah yang menjadikan jenis mawar ini bernama Buck Roses, karena diambil dari nama penemunya.

Mawar ini termasuk yang tahan akan penyakit dan juga cuaca yang ekstrim. Perawatannya pun mudah. Biasanya menjadi pilihan bagi petani mawar pemula.

7. English Roses

gambar bunga mawar english roses

Foto dari Pixabay.com @ khfalk

Memiliki harum yang enak dan dapat berbunga berkali-kali. Hasil persilangan (hibrida) antara mawar modern dan old garden.

Seorang yang bernama David Austin menginvestasikan 60 tahun umurnya hanya untuk mengembangkan English Rose ini. Kesabarannya pun berbuah hasil yang manis, beliau banyak mendapatkan banyak penghargaan atas usahanya itu.

Jenis ini juga mempunyai ketahanan dan kekuatan yang bagus, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

8. Miniature Roses

gambar bunga mawar Miniature Roses

Foto via Pixabay.com @ RococoNeko

Jenis ini hanya dapat tumbuh antara 30-45 cm. Biasanya ditanaman pada taman yang berukuran kecil atau dijadikan hiasan pada jendela. Karena sesuai namanya, ukuran dari mawar ini relatif kecil, yaitu hanya sekitar 5 cm atau kurang.