Alasan mengapa toko online harus memiliki website

5 Alasan Toko Online Harus Memiliki Website

Toko online sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Berbelanja online sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat. Kemudahan berbelanja yang ditawarkan dari online shopping membuatnya digandrungi orang-orang. Berbelanja online dapat dilakukan melalui media sosial, market place (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dll), dan melalui website toko online.

Orang-orang pun mulai berbondong-bondong berjualan online karena minat masyarakat berbelanja online yang begitu besar. Meskipun begitu, masih banyak yang belum tahu bahwa sebuah toko online harus memiliki website. Beberapa toko online hanya mengandalkan media sosial atau market place saja. Padahal fungsi website ini sangat banyak untuk toko online.

Berikut adalah lima alasan website penting untuk toko online

Cocok untuk Jenis Bisnis Apa Saja

Toko online yang harus memiliki website tidak terbatas pada jenis bisnis tertentu saja. Dari bisnis makanan, pakaian, kosmetik, elektronik, sampai bisnis aksesoris pun bisa memanfaatkan website.

Tampilan website bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti. Tema gratis maupun berbayar juga banyak tersedia di internet untuk mempercantik website toko online. Jadi apapun bisnisnya, harus punya website.

Bisa Mandiri

Berbeda dengan berjualan di market place seperti Lazada, Zalora, ataupun Tokopedia. Berjualan dengan website membuat kita lebih leluasa. Jika berjualan di market place, kita harus mengikuti peraturan yang diterapkan market place tersebut. Kita bisa membuat promo kita sendiri jika memiliki website toko online sendiri.

Bukan berarti kita harus menarik produk kita di market place, tetapi kita membuka “toko baru” di website. Jadi pelanggan mempunyai pilihan lebih banyak. Mereka bisa membeli melalui market place atau website.

Toko Online dengan Website Lebih Dipercaya

Memiliki website resmi untuk toko online membuat toko online kita lebih dipercaya. Menurut penelitian Merril Research, 89 persen pelanggan lebih percaya kepada toko online yang memiliki website.

Jika toko online kita lebih dipercaya tentu lebih banyak pelanggan yang akan datang ke toko kita dan membeli produk kita. Selain itu, dengan memiliki website toko online kita akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencarian Google.

Jadi ketika ada orang yang mencari toko online kita di Google, mereka bisa menemukan toko online kita dengan mudah karena kita memiliki website.

Murah

Membuat website murah? Dibandingkan beberapa tahun lalu, membuat website saat ini lebih murah karena kemajuan teknologi.

Banyak perusahaan yang menyediakan layanan membuat website murah. Salah satunya adalah Niagahoster. Niagahoster memungkinkan Anda untuk memiliki website dengan cepat dan tentu dengan harga murah.

Website dari Niagahoster sudah dilengkapi dengan tema premium dan sudah kompatibel dengan WooCommerce. Jadi layanan Niagahoster ini cocok untuk yang ingin membuat website toko online.

Bisa Dilakukan oleh Siapa Saja

Saat ini membuat website tidak hanya dilakukan oleh para developer saja. Orang-orang yang bukan berasal dari background IT pun bisa membuat website dengan mudah.

Pada artikel sebelumnya, saya sempat membahas tentang cara membuat toko online dengan WordPress. WordPress ini memang ramah untuk digunakan siapa saja. Dari perusahaan besar sampai toko online skala kecil pun menggunakan WordPress.

Kalau masih belum percaya diri untuk membuat website atau terlalu sibuk, kita juga bisa menggunakan jasa layanan pembuatan website. Banyak perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan website dengan rentang harga dan spesifikasi bermacam-macam.